cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Melawi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama" : 6 Documents clear
Pengembangan Pemahaman Soal Cerita Matematika Melalui Tutor Sebaya Berbantuan Alat Peraga Sekolah Dasar Wahyuningsih, Dian
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1734.543 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan memperbaiki proses pembelajaran matematika dan mengembangkan pemahaman siswa mengubah soal cerita. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan tiga siklus. Persentase proses pembelajaran matematika melalui tutor sebaya berbantuan alat peraga pada siklus 1, 2, dan 3 masing-masing 57.00%, 70.00%, dan 88.00%. Peningkatan terjadi karena proses pembelajaran pada akhir siklus 1 dan 2 diperbaiki pada siklus 3, sehingga dapat mengoptimalkan metode yang digunakan dan dapat mengatasi hambatan psikologis siswa dalam memahami bahasa yang terkandung pada soal cerita matematika. Dari perbaikan proses pembelajaran, diperoleh rerata pemahaman siswa masing-masing 41.00%, 57.00%, dan 87.00%. Dengan demikian penerapan metode tutor sebaya berbantuan alat peraga telah mampu mengembangkan pemahaman siswa untuk mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika sederhana. Metode ini dapat digunakan memperbaiki proses pembelajaran yang monoton dan tidak bervariasi.  Kata kunci: soal cerita, tutor sebaya, alat peraga
Model Matematika Bidang Pendidikan : Permasalahan Kualitas Dan Kuantitas
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.492 KB)

Abstract

Abstrak: Permasalahan pendidikan yakni kualitas dan kuantitas secara matematis ternyata berbentuk persamaan diferensial nonlinear sehingga tidak mudah dipahami dalam rangka penanganannya. Salah satu metode untuk memahami permasalahan tersebut adalah dengan menghampiri persamaan kualitas dan kuantitas menggunakan persamaan linear dengan cara analisis perubahan koefisien serta syarat awal. Model kualitas dan kuantitas pendidikan menggambarkan interaksi keduanya yang tumbuh pada suatu kebijakan. Metode tersebut digunakan untuk menganalisis sistem persamaan melalui ramalan tentang perilaku umum kebijakan atas dua variabel pendidikan itu. Solusi sistem persamaan merupakan fungsi waktu yang menggambarkan pembangunan bidang pendidikan. Solusi yang diperoleh adalah non ekplisit, untuk selanjutnya dianalisis sehingga diperoleh selesaian tetap dalam kesetimbangan kondisional dalam berbagai bentuknya. Kemudian dari sistem yang dilinearkan didapatkan kesimpulan menggunakan teorema-teorema yang berlaku pada sistem linear. Kata-kata kunci: persamaan diferensial nonlinear, perubahan koefisien, perubahan syarat awal, kesetimbangan kondisional, titik-titik kritis, tahap portret, teorema.  
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Media Kit Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN 10 Kota Baru Tahun Pelajaran 2011 / 2012 Siswanti, Elvi
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1699.776 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN 10 Kota Baru yang bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran mengunakan media kit pada pelajaran IPA dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar yang masih rendah di SDN 10 Kota Baru Kabupaten Melawi Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan dua siklus mengembangkan instrumen berupa alat evaluasi tertulis. Alat evaluasi ini  berbentuk  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Evaluasi Siswa. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media kit berbantuan alat peraga pada siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa. Setelah diterapkannya media kit berbantuan alat peraga pada siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA,  dan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Dari proses pembelajaran yang dilakukan diperoleh persentase pada setiap siklus yaitu siklus I rerata yang diperoleh dari proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus I, siklus 1 41.35% dari seluruh kegiatan terlaksana, siklus II 67.33% dari seluruh kegiatan yang direncanakan terlaksana, dan 88% dari seluruh kegiatan yang direncanakan pada siklus II terlaksana dengan baik. Sedangkan pada hasil belajar siswa, diperoleh hasil pada siklus I rata-rata sebesar 41.35%, siklus II 67.33%. Pada akhir siklus siswa telah mampu menggunakan media kit dengan baik dan telah memenuhui kriteria ketuntasan yang ditentukan oleh peneliti. Dengan demikian penggunaan media kit berbantuan alat peraga telah mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Media ini dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang selama ini terkesan monoton dan tidak bervariasi. Penggunaan media kit ini membantu guru untuk selalu melibatkan siswa dalam setiap proses pembelajaran.  Kata kunci: Media kit, alat peraga dan aktivitas belajar siswa.
Model Integrasi Nilai-Nilai Cinta Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Upaya Pembentukan Sikap Kebersamaan Sada, Clary
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.071 KB)

Abstract

Abstrak:  Salah satu pilar pendidikan yang digagas oleh UNESCO (sebuah lembaga PBB)  adalah learn to live together. Makna learn to live together dapat disepadankan dengan hidup dalam kebersamaan. Makna tersebut memiliki implikasi yang luas dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Warga negara harus mampu menciptakan kerukunan dan keharmonisan dalam pergaulan dan kehidupannya meskipun kita adalah negara yang multi-etnis, multikultural, multi-keyakinan dan latar sosial yang beragam. Keragaman atau kemajemukan tersebut, jika tidak dikelola secara baik dan arif akan menimbulkan berbagai ekses yang negatif. Dalam kontek ini, salah satu solusi yang dapat dijadikan pertimbangan untuk mengatasi keragaman tersebut adalah mengintegrasikan nilai-nilai cinta (love values) pada pembelajaran Bahasa Inggris. Nilai-nilai cinta dapat menjadi perekat bagi terciptanya kehidupan yang rukun, harmonis dan damai. Hasil studi ini adalah suatu pengembangan model integrasi nilai-nilai cinta pada pembelajaran bahasa untuk membentuk sikap kebersamaan. Kata kunci: love values, learn to live together 
Konsepsi Siswa Mengenai Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas V Sekolah Dasar Sugiatno, Sugiatno
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (866.729 KB)

Abstract

Abstrak: Soal cerita mengenai operasi hitung bilangan bulat ternyata cenderung sulit diserap siswa. Kesulitan ini antara lain disebabkan oleh konsepsinya yang belum sesuai dengan konsep soal cerita. Namun demikian ada klaim, tidak semua soal cerita menyulitkan mereka. Kesulitan siswa diduga tergantung pada konteks soal cerita yang diberikan. Karena itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkap konsepsi siswa yang mana cenderung sesuai dengan beberapa soal kontekstual operasi hitung bilangan bulat. Desain eksploratori digunakan untuk mengungkap konsepsi siswa tersebut. Sebanyak 58 siswa kelas V SDN 20 Pontianak yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat soal kontekstual yang bersifat: (1) personal; (2) sesuai dengan  kehidupan siswa di kelas; (3)  sesuai dengan kehidupan siswa di masyarakat;     (4)  sesuai dengan fenomena dan substansi secara saintifik atau berkaitan dengan matematika itu sendiri. Masing-masing sifat ini dapat mengungkap kecen-derungan konsepsi siswa yang sesuai dengan keempat konteks soal tersebut adalah 67%, 53%, 90%, dan 48%. Kata Kunci: konsepsi, kontekstual,  bilangan bulat
Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Sekolah Dasar Ason, Ason
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2013): Edisi Pertama
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.986 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan  untuk mengungkapkan peranan kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru  dalam  implementasi  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar.Hipotesis penelitian ini adalah : (1)  terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; (2) terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; (3) terdapat pengaruh  kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru.Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Kecamatan Menukung Kabupaten Melawi Kalimantan Barat dengan menggunakan metode survey. Total populasi 105 orang guru dan pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung  peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X3), dengan persamaan regresi      = 53.909 + 0.692 X1, koefisien korelasi r13 =  0.713, dan p31  = 0.489.  (2) terdapat pengaruh langsung peranan Profesionalisme Guru (X2) terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (X3), dengan persamaan regresi    = 73.890 + 0.568 X2     koefisien korelasi r23 = 0.661, dan p32  = 0.341.  (3) terdapat pengaruh langsung peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Profesionalisme Guru (X2) dengan persamaan regresi     2 = 43.815 + 0.742 X1,  koefisien korelasi r12 = 0.656   dan  p21  = 0.656.  Kata-Kata Kunci:  Kepemimpinan, Profesionalisme dan Implementasi KTSP SD

Page 1 of 1 | Total Record : 6